Siap Bersaing dengan Miliki 6 Jurusan, Ini Program SMKN 3 Kota Ternate yang Akan Dievaluasi

Kamaluddin Ahmad, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Kota Ternate.

HALMAHERAnews – SMK Negeri 3 Kota Ternate, provinsi Maluku Utara, yang terletak dibagian Utara Kota Ternate saat ini dipimpin oleh Kamaluddin Ahmad selaku Kepala Sekolah,

Kamaluddin sendiri, sebelumnya dimutasikan dari SMKN 4 Kota Ternateke ke SMKN 3 sejak Juli 2023 lalu. Program sekolah yang dikuasainya akan diterapkan di sekolah yang dipimpin saat ini, salah satunya memiliki visi misi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik bagi para peserta didik maupun komponen tenaga didik guru maupun ASN nya.

Lanjut Kamal sapaan akrabnya, saat ditemui Senin, (08/01) mengatakan, ia.memiliki visi misi utama untuk sekolah tersebut.

“Saya punya program juga visi misinya untuk memajukan sekolah yang saya pimpin saat ini, yakni membangun SDM, merubah mindsetnya pendidik dan perangkat disini yang utama karena mereka adalah tonggak bagi peningkatan mutu belajar bagi peserta didik”, ungkapnya.

Enam bulan pimpin SMKN 3, Kamal mengaku perlahan ia merubah mindset para guru dengan cara pendekatan dan juga pola komunikasi dan perilaku disiplin yang dibangunnya, kata Kamal.

Selain itu, jika ingin sekolah maju maka yang harus dirubah adalah selain pola pikir, program sekolah harus ditingkatkan dan juga evaluasi program diantaranya evaluasi jurusan.

“Kalau mau maju sekolah, produk unggulan sekolah harus bisa dinikmati oleh masyarakat harus benar-benar berdampak bagi masyarakat dan sekitarnya. Saya sendiri sudah amati dan akan evaluasi beberapa jurusan dan kita akan bicarakan secara internal sekolah. Kita butuh SDM tenaga didik, karena kalau pengajar kurang ya kita sekolah juga susah untuk berkembang, namun kondisi tidak saya salahkan siapa tapi bagaimana saya bisa melakukan suatu terobosan”, tegasnya.lagi.

Program atau produk unggulan di SMKN 3 ini masih minim, namun dengan kondisi yang terbatas baik dari SDM, tenaga didik dan fasilitas sarana penunjang lainnya, membuat Kamal harus ekstra menuangkan segala bentuk waktu, tenaga dan pikirannya.

Kamal juga mengaku, evaluasi yang akan dilakukan yakni evaluasi kejuruan. Untuk SMKN 3 sendiri terdapat 6 jurusan yaitu :
1. Jurusan Kesehatan
2. Multimedia
3. Tata Boga
4. Kecantikan
5. Pariwisata
6. Seni Menjahit

Alasan kuat Kamal akan evaluasi kejuruan salah satunya adalah minat peserta didik yang rendah, contohnya jurusan IT (multimedia) padahal laboratorium tersedia dan alat internetpun ada, namun kekurangan tenaga didik juga menjadi satu problem di SMKN 3.

Untuk itulah ia berharap, kedepan pihaknya akan merubah satu persatu kondisi sekolah secara perlahan tentu diimbangi dengan produk unggulan.

“Saya berharap maju sehingga sekolah kejuruan satu-satunya di Ternate Utara menjadi sekolah yang mempu bersaing baik ditingkat kota, provinsi, nasional bahkan internasional. Kami juga mengharapkan dukungan dan perhatian pemerintah karena sekolah maju juga butuh perhatian baik itu program maupun bantuan anggaran yang besar sehingga bisa hasilkan produk unggulan yang siap terjun ke masyarakat”, pungkasnya. (yUn)

">

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *