oleh

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar membuka Acara Sosialisasi Minerba

Halmaheranews.com —– Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mensosialisasikan aplikasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP Minerba pagi ini di hotel Four Point jl. Andi Djemma, selasa (12/2).

Aplikasi MOMS tersebut merupakan aplikasi pengelolaan data real time untuk produksi dan penjualan sektor mineral batu bara (minerba). Adanya MOMS akan memudahkan pengendalian dan pengawasan pada produksi dan penjualan sektor minerba.

Sementara e-PNBP Minerba adalah aplikasi online berbasis web untuk penghitungan dan pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) minerba. Ada layanan ini, maka jumlah PNBP yang disetor lebih akurat.

“Jadi begini kita akan memproduksikan hasil tambang kita, hasil produksi ini jumlahnya berapa perhari. Dari jumlah produksi ini akan dihitung nanti royalti dan pajaknya seperti apa kalau mereka mereportkan setiap hari maka kita bisa menghitung secara langsung secara akurat berapa royalti PNBP dan pajak yang bisa diterima oleh negara.”ungkapnya.

Menteri ESDM lanjut menjelaskan tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memantau dari pusat kegiatan tambang secara nasional.

“Nantinya kita juga tahu persis tujuan exporenya kemana, jenis yang diexpore apa, siapa pembelinya dan ini tercatat semuanya. Dengan adanya data yang begitu banyak ini, maka kita berharap apapun nanti tambang yang akan di expore datanya semua termonitor secara nasional”, Sambung Menteri ESDM itu.

Di kementrian yang menjadi wewenang kita di pusat itu sudah 100%, semuanya termasuk dalam hal ini tambang-tambang besar itu sudah meriportkan setiap hari.

Namun demikian yang di daerah yang menjadi IUP yang menjadi kewenangan gubernur kita harapkan juga bisa melakukan hal yang sama sehingga apa yang di produksi dari masing-masing daerah itu bisa tercatat secara nasional itu yang kita harapkan dari forum hari ini
mengarapakan furum hari ini adalah untuk “mengajarkan mereka bahwa bagaimana cara mengimput data apa yang di imput bagaimana meriportkanya semuanya akan kita simulasikan dan langsung masing-masing perusahaan untuk mendaftarkan diri meriportkan apa yang harus di masukkan dalam sistem MOMS ini ini tujuan kita.

Baca Juga :  4 Murid Menganiaya Staff Sekolah di Sulsel

Kalau di pusat setiap hari kita terima terus laporannya disini produksi apa jenisnya apa konsentretnya apa di expore kemana siapa pembelinya kapalnya apa jam berapa exporenya ada semua. Itu di dominasi oleh semua jenis tambang batubara dan mineral

aplikasi baru pertama kalinya di indonesia timur mentri ESDM mengharapkan semua provinsi harus punya alikasinya.

“semua provinsi harus, pembukaan hari ini baru indonesia timur. Tutupnya.

Komentar

News Feed