oleh

Copot Kades, Ini Tuntutan Warga Togoreba

-Halmahera-10 views

Halmaheranews.com—– Sejumlah massa aksi dari Desa Togoreba Sunyi, Kecamatan Tabaru, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali menggelar aksi unjukrasa di depan Kantor Bupati Halmahera Halbar, Kamis (07/02/2019).

Dalam aksi itu, massa kembali mendesak Pemkab Halbar segera mencopot Sutianto Tagono dari jabatannya sebagai kepala desa Togoreba.

Menurut massa aksi banyak hal yang diduga dilakukan kades Togoreba menalahi aturan.

Diantaranya, terkait pergantian bendahara dinilai tidak sesuai asas-sas umum pemerintahan yang baik karena digantikan dengan iparnya sendiri, kemudian dokument APBDes tdak diserahkan ke BPD, baliho APBDes tidak ada, kemudian lima bulan berjalan Kades Setiyanto Tongono tidak berkantor.

“Turunkan Sutianto Tagono dari jabatan kades, harus melakukan penyitaan mobil yang dibeli kades dengan dana desa, dan kades segera kembalikan uang rakyat dari dana kades. Kami ingin hearing terbuka dengan pak bupati yang punya esekutor kebijakan tetapi saya tidak tahu informasi katanya bupati ada diluar daerah,” tegas koordinator aksi, Jembris.

Massa aksi juga membeberkan hasil musyawarah (rapat) dengan BPD setempat yang dilaksanakan pada hari Jumat 1 Februari 2019, bertempat di kantor desa, yang kemudian dituangkan dalam berita acara sebanyak 16 poin.

“Diantaranya yaitu pencairan operasional tahun 2018 Rp 45.000.000 tidak ada pemanfatan, kemudian titipan uang tunai Rp 91.000.000 yang mau dititipkan kepada saudara kita Nicko Tangayo, selaku distributor bahan material yang ditarik kembali oleh kades bersangkutan sebesar Rp. 85.104.000, ditambah satu unit mobil bermerek avanza velos dengan nomor polisi (DG) 1217 menggunakan DD,” kata Jembris.

“Ada lagi, yaitu pencairan 40 persen DD tahap III 2018, dibidang pemberdayaan dua unit tenti Rp 40.000.000 fiksiknya tidak ada, bantuan sekolah TK Rp. 5.000.000 tidak diserahkan, air bersih Rp.10.000.000 tidak diserahkan ke pengurus, penyertaan modal ke Bumdes Rp.11.000.000 pengurus tidak menerima uangnya hingga saat ini,” katanya lagi.

Baca Juga :  Lahan Belum diberikan, Pembagunan Jalanan Agak Lambat

Usai orasi, perwakilan massa aksi diterima hearing di ruangan sekda.

Sekda Halbar Syahril Abdurajak mengatakan, dari pihak DPMPD akan membentuk tim dan di hari Selasa pekan depan akan turun ke Desa Togoreba Sunyi melakukan pemeriksaan, agar permasalahan kades itu cepat diselesaikan.

“Kenapa tidak mengumpulkan data-data aslinya agar di proses hukum. Seharusnya ada dokumen-dokumen yang kuat supaya dilaporkan di pihak Polsek atau Polres halbar,” katanya. (Lan)

Komentar

News Feed